Minggu, 09 September 2018

[REVIEW] Mecapan: First Beauty Services Platform in Indonesia!

Hi!

Image result for mecapan first beautyBerbicara tentang berdirinya perusahaan start-up di Indonesia, terutama di bidang teknologi untuk penyediaan jasa kecantikan dan perawatan diri, masih cukup terbilang jarang. Dan beruntungnya, di Indonesia kini telah hadir perusahaan bernama Mecapan yang bergerak dalam bidang teknologi penyedia jasa kecantikan dan perawatan diri dengan slogannya "Breaking Barriers for Beauty". Slogan tersebut tentunya menjadi tujuan atau objektif berdirinya Mecapan, yakni untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan pemesanan atau booking tempat-tempat penyedia jasa kecantikan dan perawatan diri. Eits, tapi bukan berarti Mecapan hanya bisa digunakan oleh kaum hawa yaa! Justru, Mecapan juga terbuka unuk seluruh jenis kalangan dan gender, karena jasa-jasa yang disediakan di aplikasi Mecapan juga tidak terbatas hanya untuk wanita saja kok!

Kali ini, saya dan dua teman saya bernama Fijra Syamlan & Caeseria Ayu sebagai University Ambassador Mecapan Batch #1, akan melakukan review mengenai aplikasi Mecapan. Penasaran? Yuk disimak!

1. TENTANG APLIKASI
1.1. Nama Aplikasi 

Mecapan merupakan kata yang mudah diingat dan langsung menjurus ke arah kecantikan, pasalnya, mecapan mengingatkan kita dengan kata dalam bahada Inggris yang dicampur dengan Bahasa Indonesia  yakni 'make up-an'. Kata ini kata yang lazim mengingat kata ini sudah umum digunakan di masyarakat. Jadi, nama yang diberikan untuk aplikasi ini mudah diingat. Good job! Namun, nama dan dasar nama 'Mecapan' ini cenderung identik dengan perempuan, padahal, kiranya aplikasi ini juga menyediakan treatment untuk para lelaki yang bisa dilihat pada poin 3 review ini.

1.2. Tampilan Aplikasi
Aplikasi didominasi oleh warna hijau dan hijau tosca. Hal ini menjadikan bahwa aplikasi tidak semata mata didedikasikan untuk perempuan saja, tetapi juga lelaki. Hal ini dilakukan karena meskipun nama aplikasi identik dengan kegiatan yang dilakukan wanita, tetapi fitur yang disediakan sebenarnya juga didedikasikan untuk khalayak umum, tidak terkecuali kaum lelaki. Jadi, tampilan dalam segi warna cukup representatif. Well done!

Tampilan aplikasi apabila dilihat dari segi efektivitasnya sudah sangat baik. Pasalnya, pada menu 'home' di aplikasi ini memperlihatkan adanya kategorisasi dari treatment yang ada, yakni wajah, rambut, dan tubuh. Sehingga customer dapat secara cepat menemukan treatment yang diinginkan. Dibagian paling atas menu inipun menunjukkan highlight penawaran dari Mecapan untuk customernya sehingga customer tertarik untuk memesan beauty provider melalui aplikasi ini.

Pada menu 'Booking' juga sudah sangat baik, aplikasi menyediakan informasi atas treatment yang belum dilakukan, sudah dilakukan, dan batal dilakukan. Pada treatment yang belum dilakukan juga terdapat informasi terkait status booking saat ini, apakah sudah diterima oleh beauty provider atau belum sehingga customer mendapatkan kepastian dengan mudah dari beauty provider.
Pada menu ini juga, customer dapat mengetahui informasi penting terkait pesanan beserta kontak beauty provider yang dibooking sehingga dapat dihubungi lebih lanjut secara personal. Hal ini tentunya sangat berguna bagi customer apabila terdapat pertanyaan yang ingin disampaikan dan kebutuhan lainnya dengan beauty provider.

Dibagian paling atas menu 'Booking' menunjukkan treatment terdekat yang sudah dibooking, hal ini memudahkan customer untuk mengingat jadwal treatment nya. Nice job to remind us!

Pada menu 'Account', hal unik yang ada ialah adanya keterangan fisik customer seperti panjang rambut, berat badan, dan jenis kulit. Kemungkinan hal ini bermanfaat bagi beauty provider untuk mendapat gambaran atas clientnya sehingga dapat menentukan treatment terbaik yang dapat diberikan.

1.3. Jenis Treatment
Treatment yang ditawarkan diaplikasi ini sangat lengkap, jauh lebih lengkap dari aplikasi manapun yang sejenis. Contohnya kategori wajah yang terdiri dari perawatan bulu mata, alis, make up, dental, dsb yang tidak disediakan aplikasi lain. Hal ini mendekatkan akses masyarakat terhadap berbagai jenis pusat kecantikan yang diinginkan yang tidak disediakan oleh aplikasi lain.

2. AKUN PENGGUNA
2.1. Membuat akun baru
Sebagai pengguna baru dalam aplikasi Mecapan, tersedia fitur "Create new account" atau login dengan media sosial kamu via Google dan Facebook. Untuk membuat akun baru, pada fitur "Create new account" tentunya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan guna keperluan pengiriman kode rahasia untuk kebutuhan pembuatan akun baru melalui SMS. Setelah kamu mendapatkan nomor kode rahasia tersebut, kamu diminta untuk memasukkan kode rahasia tersebut di salah satu kolom pengisian saat membuat akun baru. Hal ini tentunya dilakukan untuk menjamin kerahasiaan data dan keamanan serta kenyamanan pengguna aplikasi Mecapan dalam menggunakan aplikasinya. Jadi jangan takut data kamu tersebar ya! Dan ketika semua data sudah kamu isi dengan benar, dan yup sekarang kamu sudah terdaftar sebagai pengguna akun Mecapan yang terverifikasi! Mudah banget kan?

Untuk masuk ke aplikasi Mecapan melalui akun Google dan Facebook juga bisa kamu lakukan jika kamu memilikinya dan tidak perlu repot-repot isi data akun baru. Tapi pastikan email dan password kamu terisi dengan benar yaaa! Dan Mecapan juga memperbolehkan penggunanya untuk membuat akun lain dengan nomor telepon yang sama, tentunya hal ini memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi Mecapan.

2.2. Tampilan Tab Profile pada Aplikasi


Tampilan aplikasi Mecapan juga terlihat sangat simple tapi elegan dengan corak warna tosca dan putih yang sesuai dengan tren saat ini. Pada tab profile akun pengguna, pengguna dapat memilih foto sebagai gambar profil agar pengguna dapat merasa lebih nyaman dengan aplikasinya. Pada tab ini, juga akan tersedia data mengenai diri pengguna; seperti tanggal lahir, gender, jenis kulit, panjang rambut, dan berat badan. Hal ini tentunya dapat dijadikan referensi bagi pengguna dalam memilih fitur-fitur jasa apa yang akan digunakan melalui aplikasi Mecapan kedepannya, seru banget ya!

3. FITUR APLIKASI





4. TAWARAN APLIKASI
4.1. Diskon

Potongan harga yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah menguntungkan customer. Pasalnya discount yang diberikan berlaku untuk seluruh jenis perawatan di berbagai lokasi, sehingga dimanapun lokasi customer, mereka tetap mampu mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan beauty treatment yang terjangkau.

Besaran discount dimulai dari 30%, ini merupakan persentase yang sangat menguntungkan karena discount semacam ini tidak diberikan oleh aplikasi lain.

4.2. Challenge in Social Media

Mecapan menyediakan bentuk lain untuk menikmati potongan harga untuk setiap jenis treatment, yakni melalui challenge mingguan yang dilakukan melalui Instagram Mecapan. Challenge ini dilakukan di lokasi yang telah dikategorikan dan selalu bergilir sehingga setiap customer dari berbagai wilayah mendapat kesempatan yang sama untuk menikmati treatment kecantikan yang terjangkau.

Challenge ini memungkinkan customer yang beruntung dan berusaha untuk mendapatkan treatment dengan discount 30%-100%. Amazing!

4.3. Events

Selain berdedikasi mereduksi halangan terhadap akses kecantikan, mecapan sebagai perusahaan juga menawarkan banyak events yang sangat bermanfaat baik bagi customer maupun beauty provider. Events yang dilakukan bervariasi dan mayoritas gratis.
Beberapa events yang dilakukan antara lain free pampering day, free make up class with professional MUA, dan lainnya.

Namun, dari seluruh penawaran diatas, belum banyak penawaran yang juga dapat dinikmati oleh lelaki. Mayoritas masih dikhususkan untuk perempuan. Diharapkan, aplikasi ini dapat menjangkau jenis kelamin lelaki sebagai target pasar.



Udah baca full tentang Mecapan tapi belum jadi pengguna aplikasinya? Yuk segera download aplikasi Mecapan (tersedia di AppStore & PlayStore - ketik "Mecapan"). Dan nikmati limpahan diskon & jenis treatment untuk 600++ penyedia jasa kecantikan & perawatan diri favorit kamu!


With love,
- Desi, Fijra, Sasha
Mecapan University Ambassador Batch #1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[REVIEW] Mecapan: First Beauty Services Platform in Indonesia!

Hi! Berbicara tentang berdirinya perusahaan start-up di Indonesia, terutama di bidang teknologi untuk penyediaan jasa kecantikan dan pera...